Rabu, 09 September 2015

Ketika Mencari Informasi Tak Lagi Susah


Ketika kita sedang bersekolah disuatu sekolah, kita pasti terbiasa melihat sebuah perpustakaan. bahkan kita terbiasa keluar masuk pepustakaan tersebut. Tapi pernakah kita berkeinginan untuk mencari informasi di  perpustakaan lain. Mungkin hal ini bisa saja terjadi jika kita mengikuti study tour atau mengikuti sebuah seminar di sekolah lain. Tapi untuk mengunjunginya sendiri tanpa adanya suatu kegiatan khusus kita mungkin akan merasa malu atau mungkin berpikiran untuk tidak diperbolehkan masuk. Pikiran seperti ini harusnya disingkirkan, karena banyak perpustakaan sekolah apalagi perpustakaan di perguruan tinggi membolehkan mahasiswa dari universitas lain untuk mencari informasi di perpustakan tersebut. Salah satunya adalah perpustakaan Universitas Negeri Malang.
Perpustakaan Universitas Negeri Malang merupakan perpustakaan yang berada di bawah naungan Universitas Negeri Malang.  Lokasi perpustakaan ini tepat berada di tengah-tengah universitas, sehingga mahasiswa dari berbagai fakultas dapat dengan mudah mengunjunginya. Pengunjung perpustakaan ini tak selalu mahasiswa UM saja. Banyak mahasiswa dari universitas lain juga datang mengunjungi perpustakaan ini. Kebanyakaan dari mereka pergi ke sini untuk mendapatkan informasi dari koleksi perpustakaan atau mencari referensi dari koleksi kelabunya.
Ada hal yang harus dipenuhi pengunjung dari universitas lain jika ingin mengunjungi perpustakaan ini, yaitu mempunyai kartu sakti. Kartu ini seperti kartu anggota perpustakaan, tetapi keistimewaannya adalah kartu ini dapat memungkinkan seseorang untuk masuk hampir ke semua lokasi perpustakaan perguruan tinggi di indonesia. Kartu sakti merupakan kartu yang diterbitkan oleh FKP2TN (Forum Kerja Sama Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri).


Gambar 01. Kartu sakti tampak dari depan dan belakang



Dengan adanya kartu ini memungkinkan bagi mahasiswa untuk mencari informasi seluas-luasnya. Untuk mendapatkannya kita dapat mendaftar di perpustakaan universitas yang termasuk dalam FKP2TN. Untuk lebih jelasnya juga dapat berkunjung ke web FKP2TN, yaitu http://fkp2tn.org/index.php/kartu-sakti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar