Rabu, 09 September 2015

Perpustakaan UI Contoh Perpustakaan Masa Depan

Jika mendengar kata perpustakaan, sering terlintas di pikiran kita sebuah tempat yang suram dengan dipenuhi buku-buku kuno dan debu yang beterbangan kesana kemari. Selain itu, penjaga perpustakaan juga digambarkan layaknya orang tua yang selalu memiliki raut menakutkan dan akan marah jika mendengar suara  berisik dari perpustakaan yang dijaganya. Gambaran perpustakaan seperti ini juga sering diperlihatkan dalam film-film di televisi, sehingga hal inilah yang sering diimajinasikan oleh orang-orang tentang perpustakaan.
Dalam kehidupan sebenarnya, perpustakaan tak selalu memiliki gambaran suram layaknya gambaran yang diimajinasikan orang-orang. Banyak perpustakaan di masa ini memiliki bangunan yang megah dan layanan yang bagus. Hal ini tentu saja dilakukan agar para pengunjung dapat merasa nyaman dan terbantu. Salah satu perpustakaan yang memiliki bangunan dan layanan yang baik adalah Perpustakaan Universitas Indonesia. Perpustakaan yang berada dalam salah satu universitas ternama ini memang layak jika dikatakan sebagai perpustakaan yang memanjakan pengunjungnya. Bagaimana tidak, layanan yang ditawarkan pun tak seperti perpusakaan pada umumnya. Layanan yang dimaksud adalah sebagai berikut.  
·         Layanan Rujukan
·         Paket Informasi
·         Pelatihan Penelusuran Informasi
·         Sirkulasi (Peminjaman Buku)
·         Pinjam Antar Perpustakaan (PAP)
·         Fasilitas Perpustakaan (Pusat) UI
·         OPAC (Online Public Access Catalog)
·         Akses Internet
·         Komputer, Scanner dan Backup Data (CDRW)
·         Fotokopi
·         Ruang Diskusi, Kelas dan Seminar
·         Ruang Belajar Khusus
·         Locker

Dengan adanya layanan ini diharapkan pengunjung perpustakaan dapat merasa nyaman jika berada di perpustakaan ini. selain itu, diharapkan pengunjung dapat mendapatkan informasi yang dicari dengan baik.





Gambar Perpustakaan UI




Tidak ada komentar:

Posting Komentar